6 Destinasi Wisata Papua yang Wajib Kamu Kunjungi, Gak Kalah Sama Raja Ampat

6 Destinasi Wisata Papua yang Wajib Kamu Kunjungi, Gak Kalah Sama Raja Ampat

Anak kecil sedang menikmati segarnya air Ubadari

 

1. Pulau Matan adalah destinasi yang cantik dan menarik di Papua Barat

Keindahan pantai di pulau Matan, Papua Barat

Tidak habis-habisnya Papua menawarkan keindahan alam yang mempesona, seperti Raja Ampat. Namun, selain Raja Ampat, Pulau Matan adalah destinasi yang cantik dan menarik di Papua Barat, tepatnya di Sorong. Pulau tidak berpenghuni ini memiliki pantai dengan pasir yang putih dan lembut. Dijamin, tempat ini seakan milikmu pribadi geng.

Pulau ini tidak berpenghuni dan tidak terlalu luas. Keindahan alamnya akan membuat kamu jatuh cinta geng.

Perjalanan menuju Pulau Matan dapat ditempuh melalui kota Sorong dengan speedboatselama 30 menit. Raja Ampat merupakan destinasi wisata andalan bagi Papua Barat, namun pulau Matan juga tidak kalah indahnya loh geng.

Pulau Matan memiliki hamparan pasir putih yang halus. Kamu akan nyaman berlama-lama di bibir pantai, biasanya beberapa wisatawan berjemur di pantai ini. Tidak hanya pasirnya, lautnya juga berwarna biru dan kehijauan. Pengunjung dapat berjemur di pantai sambil menyaksikan keindahan alamnya.

 

2. Air Terjun Ubadari di Kabupaten Fakfak

Air Terjun Ubadari berada di kampung Ubadari, distrik Kramongmongga, salah satu distrik di Kab. Fakfak, Papua Barat. Kali Ubadari memiliki pemandangan tersendiri yang dapat kamu nikmati berupa aliran air yang mengalir seperti anak tangga. Air yang begitu tenang dan dingin saat Anda mencoba sejenak berendam atau menyegarkan badan di Kali Ubadari.

Waktu yang ditempuh menuju Kali Ubadari dari pusat kota Fakfak kurang lebih satu jam perjalanan darat. Meski di musim kemarau, airnya akan tetap deras karena katanya sumbernya tidak hanya satu. Di dekat kali ini terdapat masjid, jadi bagi yang muslim bisa sholat dengan mudah.

Karena terletak di perkampungan, suasananya hangat dan ramai. Bahkan kerap sekali kita akan bertemu dengan anak-anak atau warga yang sedang mancing dan mandi di sini.

 

3. Gagahnya Gunung Botak Manokwari

Geng, gunung Botak ini berada di Kabupaten Manokwari Selatan, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Manokwari. Perjalanan menuju kesana memakan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan darat dengan jalanan yang sudah beraspal dengan satu-dua titik yang rusak, namun hanya sedikit saja.

Selama perjalanan, kamu akan melewati berbukitan disepanjang ruas tepi pantai dan anda juga akan melewati perkampungan transmigrasi atau disebut SP (satuan permukiman) yang ramai masyarakatnya serta melintasi hamparan sawah pertanian yang subur nan hijau, makanya wilayah SP ini menjadi salah satu swasembada pangan di Provinsi Papua Barat.

Sesampai di Gunung Botak terbayar sudah dengan pemandangan yang benar-benar lengkap. Mmm kenapa di sebut Gunung Botak? Mungkin karena gunung ini beda dengan gunung-gunung lainnya, yang identik dengan pohon-pohon yang besar namun gunung ini di tumbuhi dengan rumput ilalang dan dan rumput-rumput seperti di padang sabana.

Dimanapun kamu memandang, matamu akan terperangah melihat keindahan akan paduan alam yang mempesona, kamu akan disuguhi pemandangan yang jarang sekali anda saksikan terlebih untuk anda yang tinggal di daerah yang penuh dengan bangunan.

 

4. Pesona Situs Purbakala Tapurarang

Situs purbakala ini terletak di Kampung Andamata, Distrik Arguni, Kab. Fakfak, Papua Barat. Merupakan salah satu situs kuno terkenal yang menyajikan keindahan lukisan di tebing bebatuan terjal. Nah tebing bebatuan terjal inilah yang biasa disebut Tapurarang geng.

Situs yang memiliki objek lukisan berupa telapak tangan, mata, telapak kaki, lumba-lumba, cicak, tumbuhan, daun, wajah manusia, hingga bumerang. Lukisan tersebut dipastikan sudah ada sejak lama, namun warnanya masih terjaga hingga saat ini. Menurut para arkeolog lukisan ini dipastikan sudah ada sejak zaman megalitikum WAW!!!

Lukisan-lukisan tersebut dibuat sebagai pengingat peristiwa atau simbol-simbol kepercayaan. Lukisan binatang atau Matuto dianggap sebagai pahlawan bagi nenek moyang. Simbolilasi tersebut tak hanya ada di lukisan, hingga saat ini dalam upacara adat simbol binatang tersebut masih dibawa. Sedangkan telapak tangan berarti penolak bala, pelindung dari kekuatan jahat.

Oya geng, untuk menuju ke situs tersebut dapat ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih 2 jam dari kota Fakfak sampai distrik Kokas, kemudian dilanjutkan perjalanan laut dengan longboat sekitar 1 jam.

 

5. Pesona Pantai Patawana Fakfak

Pantai Patawana terletak di Desa Kotam, Distrik Fakfak Timur, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Pantai ini memiliki hamparan pasir pantai yang berwarna putih dengan air laut yang berwarna biru jernih.

Eksosistem di sekitar kawasan pantai masih asri dan terjaga. Pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.

 

Oya, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri, karena tidak terdapat warung makan di sekitar kawasan ini.

 

6. Air Terjun Kiti Kiti, Eksotis Biru Bermuara di Laut

Air Terjun Kiti kiti adalah salah satu destinasi tempat wisata yang ada di Distrik Karas, Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat. Air Terjun ini memiliki nama yang sedikit unik dan memberikan sensasi wisata yang luar biasa. Mungkin biasanya air terjun akan mengalir ke sebuah kawah yang ada dibawahnya. Namun di kawasan ini kamu akan menjumpai Air Terjun yang langsung mengalir ke laut lepas, maka anda dapat menikmati dua obyek wisata sekaligus, yaitu Obyek Wisata Pantai dan Air Terjun.

Di sekeliling lokasi wisata terhampar panorama pegunungan, hutan hujan tropis dan pantai dengan air yang jernih nan biru. Jika air surut maka akan terbentuk sebuah pantai dibawah air terjun tersebut, dan sebaliknya jika air sedang pasang maka air terjun itu terus mengalir bermuara ke laut tanpa ada batasan.

Air Kiti kiti, itulah sebutan warga setempat untuk ruangan air terjun yg serta-merta jatuh ke laut. Tidak hanya mempunyai air terjun yg indah, pula menaruh keindahan bawah laut yg teramat indah, dengan terumbu karang dan beraneka tipe ikan yang amat sangat elegan geng.

Jika kamu memiliki hobi memancing, maka tempat wisata satu ini adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi, karena tempat wisata yang ada di kawasan Fakfak ini dikenal sebagai surganya orang-orang yang memiliki hobi memancing. Selain itu anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti diving atau snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut geng.

 

Penulis: Syaeful Amri