5 Trik Agar Kamu Menang Dalam Perdebatan

 5 Trik Agar Kamu Menang Dalam Perdebatan

Photo by Annie Spratt on Unsplash

 

Pernah enggak kalian gengs terjebak pada suatu masalah, atau suatu pekerjaan yang kemudian kita dipertemukan dengan seseorang atau katakanlah pihak ketiga untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan yang kita hadapi?

 

Nah situasinya misalkan begini. Kita bekerja sudah sesuai SOP di tempat kerja atau peraturan  perundang-undangan. Lalu timbul masalah ketika SOP atau peraturan itu benterok dengan peraturan lain, jadi ada dua kewenangan yang berbenturan.

 

Pastinya kedua orang ini adu otot lah, yang satu meyakini bahwa peraturannya yang benar yang satu ngotot bahwa peraturannyalah yang benar.

 

Lalu bagaimana cara memenangkan perdebatan semacam ini? Pada artikel ini saya akan membahas berdasarkan pengalaman saya ketika berhadapan dengan situasi seperti ini dan untuk lebih lengkapnya silahkan baca-baca buku tentang cara mempengaruhi orang lain atau mungkin kamu bisa ikut kursus mahir bernegosiasi, gengs.

 

Trik pertama : Undang pihak lawan ke kantor kita, atau tempat yang kita tentukan dan tempat tersebut nyaman buat kita ngobrol dan diskusi. Intinya tempat itu nyaman buat kita, hal ini berpengaruh pada psikologi lawan karena harus beradaptasi dengan tempat baru.

 

Trik kedua : Kenalkan diri kamu, gambarkan diri anda bahwa anda adalah orang yang superpower. mungkin dilebih-lebihin dikit juga gak papa asal jangan terlalu lebay dalam menyampaikannya.

 

Trik ketiga : gunakan suara yang lantang kepada lawan, jangan lupa juga kalau jabat tangan dengan lawan cengkram dan sedikit digoyang ya ala ala jabat tangannya  Donald Trump. Suara lantang juga berpengaruh pada psikologi lawan kita.

 

Trik keempat : Kuatkan pendirian (egois) bahwa aturan kita lah yang benar 100 %, jangan sampai anda membaca dan memahami aturan pihak lawan karena hati tak bisa bohong pasti kita akan luluh jika kita memahami aturan lawan debat kita.

contoh jadi jika lawan debat kita bilang "dalam peraturan kami sesuai dengan peraturan undang-undang bla bla bla" tanpa harus memahami peraturannya kita bisa bilang "lho bapak tidak tahu undang-undang ini (sambil diangkat) tindakan bapak itu sudah salah bla bla bla"

 

Contoh Diatas Akan Membuat Lawan Debat Keder Gengs.

 

Trik kelima : Mainkan alur emosi kita, ambil suara lantang beberapa saat seperti akan marah lalu beberapa saat lembutkan suara kita dengan menggiring lawan debat agar mereka mau mengalah dengan kita. permainan alur emosi ini bisa membuat hati lawan bingung dan resah.

 

demikianlah trik untuk memenangkan hati lawan debat kita, barangkali ada netizen yang lebih jago bisa di share dibagian komentar pada artikel dibawah ini. karena trik ini hanya berdasarkan pengalaman saja buka berasal dari buku-buku atau literatur lainnya.

 

So, silahkan dicoba triknya gengs.