5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh selama Pandemi

   5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh selama Pandemi

Photo by engin akyurt on Unsplash 

 

Sampai detik ini, wabah virus corona tak kunjung berakhir. Jumlah korban semakin meningkat dan belum menunjukkan tanda-tanda wabah ini berakhir. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan imunitas tubuh kita. Karena dengan imun tubuh yang bagus, badan tidak akan mudah terserang oleh virus. Nah, bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh kita? Yuk simak pembahasan berikut ini :

 

1. Istirahat yang cukup

Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash

 

Tubuh butuh istirahat yang cukup untuk mengembalikan energi yang hilang. Dengan istirahat yang cukup, badan akan kembali segar dan tentu daya tahan tubuh juga meningkat. Karena, kurang tidur beresiko terkena berbagai masalah kesehatan.

 

2. Jangan Stres!

Photo by Radu Florin on Unsplash

 

Virus Corona memang bahaya, tapi lebih bahaya lagi kalau kita mudah termakan hoax yang bertebaran di media sosial tentang virus ini. Karena berbagai hoax tentang virus ini, tanpa kita sadari akan membuat panik berlebihan kemudian stres. Nah, ketika stres otomatis daya tahan tubuh kita melemah, dan berbagai penyakit mudah untuk masuk ke tubuh kita. So, kelola stres dengan baik. Sebisa mungkin untuk selalu berpikir positif ya!

 

3. Berolahraga

Photo by bruce mars on Unsplash

 

Olahraga juga penting loh buat meningkatkan daya tahan tubuh. Selama pandemi ini kamu gak perlu olahraga keluar dari rumah. Karena olahraga bisa dilakukan di dalam rumah, seperti cardio, senam aerobik dsb. Berbagai referensi olahraga di rumah bisa kamu lihat melalui Youtube dan kamu lakukan dengan mudah. So, udah gak ada alasan lagi buat gak olahraga ya!

 

4. Memenuhi kebutuhan air putih

Tubuh yang kekurangan cairan akan terkena dehidrasi. Ketika dehidrasi, virus lebih mudah menginfeksi karena daya tahan melemah dan tubuh lebih cepat lelah. Oleh karena itu, kita harus minum air putih yang cukup yatu 8 gelas atau 2L sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

 

5. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak sumber nabati seperti sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan yang kaya vitamin C dsb dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Tak hanya itu saja, mengonsumsi makanan fermentasi seperti yoghurt dan tempe juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, lho! Karena mengonsumsi makanan fermentasi dapat mengidentifikasi mikroorganisme yang berbahaya.