5 Jenis Tanaman Hias ini Bisa Bikin Ruangan Rumahmu Tampil Cantik

5 Jenis Tanaman Hias ini Bisa Bikin Ruangan Rumahmu Tampil Cantik

Rumah adalah tempat pulang ternyaman setelah bekerja seharian di luar, tempat untuk merebahkan badan dan mengembalikan pikiran yang lelah. Rumah yang rapih dan didekorasi sesuai dengan selera si empunya dapat menambah kenyamanan.

Nah, untuk menambah kenyamanan dan keindahan di dalam rumah, kamu dapat menambahkan tanaman hias yang mudah dirawat.

Selain berfungi sebagai dekorasi ruangan, menyimpan tanaman di dalam ruangan rumah dapat memfilter udara ruangan, sehingga udara ruangan lebih segar lho, Gengs.

Namun, yang harus diperhatikan dalam memilih tanaman hias untuk di simpan di dalam rumah adalah faktor perawatannya yang tidak rumit.

Nah, biar gak bingun memilih tanaman hias untuk ruangan, yuk simak 5 tanaman hias yang cocok banget untuk di simpan dalam ruangan!

 

Tanaman Monstera

Foto: pertanianku.com

Saat ini tanaman monstera memang sedang hits sebagai tanaman hias yang disimpan dalam ruangan. Bentuknya yang berlubang-lubang membuatnya tampak unik, selain itu monstera dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Monstera ini dapat di simpan dalam ruangan ber-ac  atau di ruangan yang memiliki intensitas cahaya yang rendah.

Namun, bagi kamu yang merawat kucing atau pun anjing, harus berpikir ulang untuk menjadikan tanaman ini sebagai penghias rumah. Monstera memiliki racun di batang, daun hingga buahnya. Namun, kamu Gengs bisa mengakalinya untuk menaruh tanaman monstera di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh binatang peliharaan. 

 

Tanaman Kaktus

Foto: dekoruma.com

 

Kaktus adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Bentuknya yang unik dan perawatannya yang mudah sangat cocok untuk di simpan di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Cara perawatanya cukup mudah, siram kaktus dengan cara di spray atau di siram dan letakan kaktus di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Yang harus diperhatikan dalam memelihara tanaman kaktus adalah penyiramannya, jangan menyiram kaktus dengan air yang banyak dan jangan terlalu sering menyiramnya. Gengs bisa menyiramnya 2 kali seminggu.

 

Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Sansevieria atau yang biasa dikenal dengan sebutan lidah mertua memang popularitasnya sudah cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Lidah mertua termasuk kedalam tanaman jenis sukulen. Tanaman jenis sukelen tidak memerlukan perawatan yang rumit sama seperti tanaman kaktus.

Selain bentuknya yang unik dan warnanya yang kehijauan, tanaman lidah mertua juga dapat berfungsi sebagai filter udara ruangan. Lidah mertua dapat menghilangkan bau ruangan dan menyerap bahan-bahan beracun. Sehingga, tanaman lidah buaya sangat cocok di simpan dalam ruangan. 

 

Palem Kol Kipas

 

Tanaman selanjutnya yang bisa di jadikan penghias rumah adalah tanaman palem kol kipas. Disebut dengan tanaman palem kol kipas karena bentuknya yang seperti kipas. Karena tanaman palem kipas ini jenis tanaman yang tumbuh di daerah tropis sangat cocok tumbuh di Indonesia. Cara perawatannya dengan melakukan penyiraman yang secukupnya, pemupukan di musim hujan. 

 

Calathea Corona

Tanaman selanjutnya yang dapat mempercantik ruangan rumah adalah tanaman calathea corona. Tanaman calathea corona ini berasal dari wilayah Amerika. Bentuk daunnya yang cantik bisa memikat mata.

Perawatannya dengan menyiram air 1-2 kali seminggu dan letakan di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan minim cahaya. Jangan lupa Gengs untuk memberikan pestisida dan vitamin tanaman. Cathea corona ini dapat disimpan dalam ruangan ber-ac dengan sistem di rolling.

Misalnya 1 minggu dalam ruangan ber-ac dan satu minggu kemudian disimpan di luar ruangan.

Itu dia 5 jenis tanaman hias yang cocok sebagai penghias ruangan. 5 tanaman tersebut tidak memerlukan perawatan yang rumit. Letakan taman hias di sudut-sudut ruangan agar rumah tampak lebih cantik dan segar.