5 Hal yang Harus Kamu Hindari dalam Hubungan Asmara

5 Hal yang Harus Kamu Hindari dalam Hubungan Asmara
Photo by Savs from Unsplash

 

Sesuatu yang wajar bila sepasang kekasih berharap bisa langgeng dalam menjalin suatu hubungan asmara. Akan tetapi, berapa lama kamu dan pasangan menjalin asmara, tidak menjamin kalian akan bisa bertahan.

Banyak faktor yang menyebabkan hubungan kalian harus berakhir. Beberapa hal atau kebiasaan berikut ini pun kerap menjadi penyebab hubungan kalian bisa berakhir. Yuk, simak, Gengs!

 

1. Berharap terlalu banyak terhadap pasangan

Photo by Lambhappiness from Pixabay

 

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, Gengs. Demikian juga dengan pasanganmu. Seiring waktu, kamu akan menemukan dan menyadari kalau pasanganmu tidak seperti yang kamu bayangkan dan harapkan. Bahkan, bisa dibilang jauh dari apa yang kamu harapkan. Mungkin ada dari sifat, sikap, atau perilaku pasangan yang tidak membuatmu nyaman.

Berhenti berharap terlalu banyak kepada pasangan. Harapan yang terlalu tinggi akan membuatmu kecewa. Rasa kecewa ini kerap kali dijadikan celah untuk menyerang kekurangan pasangan. Sudah bisa dipastikan, hal ini akan memicu pertengkaran yang berujung pada kandasnya hubungan.

 

2. Selalu mengandalkan orang lain dalam memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan hubungan kalian

Photo by 19910504 from Pixabay

 

Masalah dalam suatu hubungan bisa dibilang sebagai bumbu dalam suatu hubungan asmara. Akan selalu ada pertengkaran atau perselisihan yang mewarnai perjalanan asmara kamu dan pasangan. Hal ini membantu kamu dan pasangan untuk lebih mengenal dan memahami karakter masing-masing, terutama sisi buruk kalian.

Namun, jangan pernah membiasakan diri membicarakan hubungan kalian kepada orang lain, Gengs. Apalagi saat hubungan kalian dalam masalah. Masukan atau saran dari orang lain, sekalipun itu sahabat atau orang yang kamu percaya, tidak menjamin hubungan kalian akan membaik. Yang paling tahu kondisi hubungan kalian sudah pasti kalian sendiri. Andalkan kekuatan cinta kalian untuk mengatasi masalah yang datang.

 

3. Selalu ingin sejajar dengan pasangan atau bersikap dominan

Photo by Nastya_Gepp from Pixabay

 

Sejak awal, Tuhan menciptakan pria dan wanita berbeda. Keinginan untuk menyejajarkan diri dengan pasangan sebaiknya kamu hindari. Ada hal-hal tertentu yang menjadi wilayah pria yang sebaiknya jangan kamu kuasai, begitupun sebaliknya. Misalnya dalam hal kekuatan atau adu otot. Biarkan ini menjadi wilayah pria.

Bersikap dominan pada pasangan pun sebaiknya kamu hindari. Hal ini akan memicu persaingan di antara kalian, membuat yang satu merasa diri lebih dari yang lainnya sehingga saling ketergantungan itu tidak ada lagi. Bagaimanapun, saling ketergantungan dalam suatu hubungan mampu menumbuhkan rasa saling memiliki di antara pasangan kekasih.

 

4. Selalu mencari kambing hitam dalam setiap masalah yang kalian alami

Photo by Makunin from Pixabay

 

Adakalanya kalian mengalami suatu masalah yang membuat hubungan kalian merenggang serta memanas. Jangan pernah menjadikan orang-orang terdekat kalian–orang tua, saudara, atau teman–sebagai kambing hitam dari kekisruhan yang terjadi.

Dewasalah dalam menyikapi masalah yang ada. Selesaikan masalah kalian tanpa melibatkan orang lain, apalagi mencari kambing hitam untuk masalah yang sedang kalian alami.

 

5. Malas atau gengsi memulai komunikasi saat tidak sedang bersama

Photo by Nastya_Gepp from Pixabay

 

Komunikasi sangat penting dalam menjaga kelangsungan hubungan. Namun, sering kali hal yang seharusnya kalian lakukan tanpa beban ini menjadi sesuatu yang sulit, bahkan bisa saja dianggap sepele sehingga enggan untuk kalian lakukan. Masing-masing berharap ditelepon atau di-chat duluan oleh pasangan.

Hindari bersikap egois seperti ini. Menghubungi pasangan sekadar menyapa atau memberi kabar jangan kamu jadikan beban. Jangan sampai rasa malas dan gengsi membuat hubungan berakhir. Percayalah, perhatian kecil semacam menyapa atau menanyakan kabar dan keberadaan pasangan adalah salah satu faktor penting yang menentukan kelanggengan hubungan kalian.