5 Filter Drip Kopi yang Unik yang Kalian Mesti Tahu

5 Filter Drip Kopi yang Unik yang Kalian Mesti Tahu

Kopi, siapa yang tidak kenal dengan kata kopi. Bisa dikatakan kopi ini menjadi salah satu budaya di Negara kita, "ayok, ngopi!!" begitulah biasa kawan kita ngajakin keluar nongkrong untuk menghilangkan penat.

Namun tahulah kalian? kalau sekarang ini adalah era nya specialti, yaitu kopi-kopi yang diproses secara baik oleh petani kopi, sehingga menghasilkan kopi-kopi kelas premium. 

Metode penyeduhanpun berbagai macam, sesuai dengan selera penikmat kopi. Metode yang paling trending adalah metode pour over, salah satunya dengan menggunakan filter V60. Suatu alat seperti corong yang sudutnya membentuk 60 derajat dan merek yang paling sering digunakan adalah Hario.

Hario V60 adalah suatu brand yang mainstream di kalangan para penyeduh kopi manual atau manual brewer, namun tak hanya Hario V60 saja yanga ada dipasaran masih ada banyak manual drip yang jarang orang ketahu bahkan seorang baristapun belum tentu mengetahuinya. So, manual drip apa yang bisa penulis himpun disini, sebagai berikut:


1. Koka driper


Koka drip adalah salah satu produk dalam negeri dari kedai kopi terkenal di Jogjakarta, yup siapa sih yang nggk tahu Klinik Kopi. Kedai Kopi yang diasuh oleh mas Pepeng ini terbuat dari bahan keramik berkualitas baik. 


2. Bamboo Driper


Namanya saja bamboo ya, pasti pembaca sudah familiar dengan dengan nama nya tapi bukan mesti tau bahwa bambu bisa untuk menyeduh kopi. Yup, terbuat dari anyaman bambu yang berbentuk kerucut dengan sudut 60 derajat alat seduh ini diyakin dapat menghasilkan rasa kopi yang unik.


3. Purba Dripper


Kalau dari namanya coba tebak ini dripper terbuat dari apa? Yup, daripada kelamaan mikir hehehe...dripper kopi ini terbuat dari  batu lho genks, ngeri nggak? Purba Dripper dibuat oleh anak negeri, tepatnya di daerah Jogjakarta. 


4. Origami Dripper


kalau mendengar kata origami pasti teringat dengan seni melipat kertas asal jepang, betul nggk? dan benar sekali produk ini berasal dari Negara Matahari terbit, Jepang. Bentuk dripper nya seperti dripper pada umumnya tapi yang sangat membedakan adalah sudut lipatan-lipatan yang dimiliki seperti kertas yang dilipat dan umumnya dripper ini terbuat dari keramik.


5. December Driper


DECEMBER Dripper adalah dripper hasil inovasi yang cukup pintar dengan tampilan sederhana yang diciptakan oleh Nick Cho dan Youngmin Lee. Laju alirannya bisa disesuaikan, dengan desain flat-bottom yang akan memberi keserbagunaan Anda dalam menyeduh. Dripper kopi ini diproduksi di Korea Selatan dan merupakan salah satu produk jebolan Kickstarter.... (ottencoffee.co.id)

So, gaes gimana kira-kira udah sedikit tahu belum soal metode pourover dan sebenernya nih masih banyak lagi dripper-dripper unik yang bisa dikulik seperti Kalita Dripper, Suji Dripper, Melitta Dripper (sejarahnya sih ini dripper pertama kali di dunia) dan yang pasti setiap alat-alat seduhkopi akan menciptakan rasa yang berbeda. yups sampai disini gaes artikel dari saya, salam sruputttt!!