5 Destinasi Wisata di Purworejo yang Terdekat dengan Bandara NYIA

5 Destinasi Wisata di Purworejo yang Terdekat dengan Bandara NYIA

Pembalap Cantik Raya Kitty Piknik di Pasar INIS (Foto: metrotimes.news)

 

Tidak lama lagi Bandara New Yogyakarta International Airport  (NYIA) beroperasi dan sudah tidak asing lagi kan Gengs kalau Yogyakarta menyuguhkan begitu banyak destinasi Wisata. Namun kamu juga dapat singgah ke Kabupaten Purworejo loh Gengs. Kabupaten itu juga berbatasan langsung dengan bandara NYIA, dan tentunya banyak juga loh destinasi wisata menarik di sana, tidak kalah dengan Yogyakarta.

 

Yuk kita bahas Destinasi wisata dari terdekat dulu dengan Bandara NYIA:

 

1. Wisata Alam Dan Outboand Gunung Agung

 

Destinasi  di desa Kalirejo, kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo dan Berjarak hanya 8 km (10 menitan) dari Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) Kulon Progo, deket kan Gengs.

Di lokasi ini ada beberapa wahana yang dapat kamu nikmati Gengs, antara lain: Flying Fox sepanjang 170, Rappleing, Climbing, Paket Outbond Eduwisata, Paket Outbond Fun Game/Team Building, Camp area seluas 8000 m2, Kolam permainan dan Outbond, 3 Buah Spot selfie di puncak gunung, Saung-saung peristirahatan.

 

 

Nah geng, untuk biayanya sendiri cek di bawah ini:
-Flying Fox : 15.000/ orang
- Paket Outbond Eduwisata (anak), Team building dan Fun Game (dewasa) 70 rb /orang (Minimal 30 orang).

 

Mendapatkan:

  • Welcome drink, welcome dance, Makan siang,
  • 3 permainan fun game/eduwisata,
  • free Flying fox untuk peserta,
  • Pemandu Outbond.


-Tiket masuk area: Free
- Parkir: Motor Rp. 1.000, Mobil: Rp. 3.000

 

2. Wisata Alam Puncak Gunung Ijo

Pengunjung berswafoto di puncak Gunnung Ijo (Foto: explorekabupatenpurworejo.blogspot.com)

 

Masih di kecamatan Bagelen, wisata Gunung Ijo cukup berbeda dengan destinasi wisata gunung agung. Terletak di Desa Durensari yang juga berbatasan langsung dengan Kulon Progo, Yogyakarta, atau sekitar 12 kilometer dari Bandara NYIA.

Dari jogja setelah sampai pasar Krendetan tepatnya di SD Krendetan ambil arah kanan langsung pilih jalan ke desa Durensari. Dari krendetan akan melewati desa Hargorojo baru masuk Durensari.

Nah dari situ mata kita akan mulai dimanjakan dengan pemandangan indah dan hawa sejuk. Apalagi jika kita sudah memasuki desa Hargorojo, kalian akan dibuat takjub. Desa yang terkenal kebhinekaanya juga penghasil emas, dan salah satu desa penghasil gula semut ini benar-benar akan menyihir mata kita.

Jalan yang menajak berliku berada di pinggir tebing, dan di bawah mengalir sungai kecil berbatu cadas merah yang airnya sangat bening dan jernih, itu semua akan menjadi teman perjalanan di Hargorojo menuju Gunung Ijo. Sedangkan dari tempat kita parkir sampai ke puncak hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Di destinasi puncak gunung ini, pagi hari kita bisa menikmati indahnya sunrise dan pada sore harinya kita akan dimanjakan dengan cantiknya sunset yang tenggelam di pantai selatan. Tidak hanya itu jika kita menghadap arah Kulon Progo, kamu akan melihat waduk Sermo loh Gengs.

Jika kamu naik lewat desa Durensari Bagelen, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mantaps loh Gengs dan juga udara yang sepoy-sepoy dengan udara yang segar. Di beberapa titik juga sudah ada gasebo untuk kamu beristirahat, dan juga jalanan setapaknya juga sudah enak.

 

3. Wisata Konservasi, Edukasi Dan Rekreasi Jembatan Bogowonto

 

Nah Gengs buat kamu yang datang di minggu pagi, kamu bisa menikmati Wisata Konservasi, Edukasi, dan Rekreasi di Jemabatan Bogowonto loh. Lokasinya masih di kecamatan Bagrelen dan berbatasan dengan kecamatan Purwodadi. Nah jika kamu ke arah kota Purworejo lewat jalan Raya Jogja, kamu akan melewati dua jembatan yang masih digunakan dan tidak digunakan, nah itu Jembatanya Gengs.

 

Minggu pagi kamu bisa ikut senam, dan menikmati wahana juga kulineran khas yang di jajadakan di atas Cakruk.

Sekedar info Gengs, jembatan ini telah lama di nonaktifkan karena usia namun kondisi jembatan masih kuat dan kokoh yang dikenal dengan nama jembatan Bogowonto atau buh anyar.

Adapun kegiatan yang kita lakukan di atas jembatan sepert senam sehat bersama, permainan anak-anak tempo dulu, pentas seni budaya lokal dan disini juga kita tempatkan beberapa cakruk (gardu bambu) sebagai tempat jualan makanan dan minuman bernuansa lokal, kuliner yg tersedia antara lain : sego penek, nasi jowo, geblek, soto bagelen, bubur jowo, es dawet duren dll

Kegiatan lain yang bersifat konservasi yang kita lakukan seperti membersihkan jembatan dan sungai dari sampa  plastik, menanam bibit pohon, bunga dsb. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari minggu pagi yang kita kenal dengan istilah Bogowonto Sunday Morning, Gengs.

 

 

4. Menikmati Deburan Ombak di Pantai Jatimalang

Foto eko sutopo/purworejoekspres

 

Yuk kita bergeser ke tetengga kecamatan Bagelen. Yaps, ke kecmatan Purwodadi sekarang Gengs. Di kecamatan ini kamu bisa datang ke Pantai Jatimalang. Nah ini lokasinya lebih dekat dari Bandara NYIA Gengs. Menurut Google Maps, jarak bandara NYIA ke Pantai Jatimalang sekitar 10 KM atau sekitar 14 Menitan.  Jalurnya pun gampang, kamu tinggal lewat jalan Daendels aja gengs, pokonya gampang dah Gangs.

Gengs, karena pantai ini terletak di selatan Pulau Jawa, maka karakteristik pantai ini adalah ombak yang besar. Namun jangan salah Geng, dengan ombak besar tersebut dapat memunculkan tantangan tersendiri.

Tidak hanay itu Gengs, kamu juga dapat berswafoto di pantai ini, karena pemerintah Kabupaten Purworejo sudah merevitalisasi pantai hingga menjadi pantai yang cantik.

 

5. Menikmati Keramahan Pasar INIS

Foto: Pesona.travel

 

Nah Geng, Pasar INIS ini adalah Destinasi Digital Genpi pertama yang ada di Purworejo loh Gengs. Tau kan genpi? Generasi Pesona Indonesia itu loh kalau belum tau.hehe. Yaps Geng, Pasar INIS ini masih di kecamatan Purwodadi, tepatnya di Desa Brondongrejo. Jarak dari bandara sekitar 21 KM atau 37 menit jika lewat Jalan Nasional III. Nah buat kamu yang akan datang ke Pasar INIS kamu bisa menggunakan Google Maps dan akan langsung diarahkan ke tujuan.hehe

 

Di lokasi ini kamu dapat menikmati nuansa pedesaan juga kearifan warganya. Pasar Inis dibuka setiap Minggu pagi. Antara pukul 05.00-10.00 WIB. Lokasinya ada di area persawahan sisi timur Desa Brondongrejo.

Selain dapat menikmati nuansa pedesaan, kamu juga dapat membeli makanan khas yang tentunya akan membuatmu ketagihan datang ke Pasar INIS ini. Etss nanti dulu, di sini kamu juga akan dimanjakan dengan bebagai wahana yang tentunya sangat ramah anak, dan mengusung kearifan lokal Gengs. Penasaran? Yuklah mampir ke Pasar INIS.