4 Kuliner ini Wajib Kamu Cicipi Saat ke Solo

4 Kuliner  ini Wajib Kamu Cicipi Saat ke Solo

Foto: Capture from Youtube.com/Resep Masakan

 

Mencicipi makanan khas merupakan salah satu hal wajib ketika piknik ke suatu tempat ya, Gengs. Salah satu tempat yang mengahdirkan beragam makanan khas nan menggoda adalah Solo.

Yaps, di kota ini banyak beragam makanan khas dengan kelezatnya masing-masing, tak heran kota ini adalah surganya pemburu kuliner khas, dan inilah 5 makanan yang wajib kamu coba saat ke Solo gengs.

 

1. Timlo Sastro

Foto: goodindonesianfood.com

 

Gengs, Timlo sastro merupakan tempat makan yang diambil dari nama pendirinya yaitu (alm) Pak Sastro. Pak Sastro membuka warung ini sekitar tahun 1962.

Timlo Solo sendiri merupakan hidangan berkuah, terdiri dari mie soun, potongan sosis Solo, suwiran ayam, wortel dan irisan telur masak kecap. Terkadang ditambah irisan hati ayam dan telur dadar di dalamnya. Kemudian, disiram dengan kuah bening seperti sop. Masakan ini rasanya gurih dan segar seperti soto, namun juga terdapat cita rasa sup di dalamnya.

 

2. Nasi Gudeg Bu Kasno

Foto: Youtube Street Foods Village
 

Gudeg ini adalah salah satu gudeg yang sangat ramai peminatnya ialah Gudeg Ceker bu Kasno atau terkenal dengan Gudeg Cakar Mergoyudan. Lokasi dari Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno ini berada di Jl. Mongisidi, Margoyudan, Solo. Dari Stasiun Balapan, tempat makan ini bisa dituju dengan lurus saja ke arah timur sekitaran satu kilometer. Setiap hari, warung gudeg ceker ini buka mulai dari jam 01:30 malam hingga 07:00 pagi jika masih tersedia loh gengs.

 

3. Kelezatan Tengkleng Bu Edi

Foto: tribunnews.com


Tengkleng Bu Edi ini sudah terkenal sapai keluar Solo loh Gengs! kelezatan dari tengkleng ini sehingga banyak orang penasaran untuk mencicipinya. Yang membedakan dengan tengkleng lain adalah cara memasaknya dan bumbu gulenya yang tidak menggunakan santan.  

Jika kamu datang ke tempat ini dapat memilih langsung bagian olahan kambing yang kamu suka loh gengs. Jika kamu ingin mencicipi tengkleng ini, jangan sampai kesoren ya gengs, karena tengkleng ini akan habis antara 3-4 jam setelah dibuka, dan jam bukanya jam 12.30 WIB, dan lokasinya di Pasar Klewer, Solo.


4. Nasi Liwet Wongso Lemu

Mungkin buat kamu yang sering ke Solo, sudah tidak asing lagi dengan nasi liwet. Yaps, masakan yang satu ini sangat identik dengan kota Solo, dan yang paling legendaris adalah Nasi Liwet Wongso Lemu.

Warung makan yang berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon ini tak pernah sepi pengunjung karena namanya yang sudah fenomenal loh gengs. Selain cita rasa istimewa yang ditawarkan, ternyata tempat makan ini sudah buka sejak tahun 1950, lima tahun setelah Indonesia merdeka, hemm!

Kelezatan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini tak perlu diragukan lagi. Seporsinya terdiri dari nasi gurih yang dipincuk dengan daun pisang, serta aneka lauk dari suwiran ayam, sayur labu siam, telur, hingga areh atau bubur santan. Tempat ini buka jam 6 sore dan tutup jam 12 malam. 

Itulah beberapa makanan legendaris yang hingga saat ini masih menjadi makanan favorit bagi pelancong. Kamu penasaran? cus ke Solo, Gengs!