3 Alasan Kenapa Kamu Harus Ke Pasar Inis Tanggal 22 Desember 2019

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Ke Pasar Inis Tanggal 22 Desember 2019

Hay Gengs, akhir pekan ini kira-kira kamu sudah merencakan piknik kemana nih? Kalau belum ada rencana atau masih bingung mau kemana, mending kamu datang aja ke Pasar Inis di desa Brondongrejo, Kabupaten Purworejo. 

Kenapa Pasar Inis, karena pada tanggal 22 Desember ini ada yang beda loh di Pasar Inis. Nah kira-kira apa yang beda, yuk simak di bawah ini:


1. Ada Inis Market Festival
Inis Market Festival adalah program akhir tahun yang diselenggarkan sebagai bentuk rasa syukur atas perjalanan selama satu tahun perjalanan Pasar Inis di tahun 2019. Program ini mengadaptasi langsung bentuk adat istiadat masyarakat Jawa berupa “selametan”. 

 

Rasa syukur tersebut diwujudkan dalam berbagai bentuk pertunjukan seni, ibadah sosial: gotong royong, memasak, berkesenian, atau sekedar saling tegur sapa bertanya kabar.

 

Hajatan selametan itu kemudian dinamakan “Inis Market Festival”. Hajatan ini direncanakan akan terus ada di setiap akhir tahun sebagai pembuka libur panjang akhir tahun piknikers semua, berwisata di Kabupaten Purworejo.


Digelar mulai pukul 05.00 pagi hingga 11.00 siang, akan ada berbagai jenis kegiatan di hajatan tersebut. Seluruh kegiatan ini berbasiskan pada kemampuan yang dimiliki warga ekosistem Pasar Inis, loh Gengs.
 

Kesemuanya untuk memaknai kembali sawah sebagai pertiwi. Mendekatkan kembali dunia lumpur sawah kepada khalayak utamanya anak-anak adalah salah satu contoh kecil yang terkandung dalam gelaran "Selametan" ini.

 

2. Ada Banyak acara di Pasar Inis

 

Nah Gengs, di Inis Market Festival ini banyak loh keseruannya. Menjelang sunrise perbukitan Menoreh yang notabene jadi view paling wownya Pasar Inis akan dimulai dengan Arak-arakan yang bertajuk "bedol pasar". Arak-arakan itu keliling Pasar lho gegs. Nha, ini ni yang paling unik dan cuma ada di Pasar Inis tiap kali menggelar event hajatan sejak 2 tahun lalu, pertunjukan seni di area persawahan. Kamu semua bakal dimanjain dengan pertunjukan spektakuler di sawah. Konsep ciamik itu bakalan memukau karena pengisi acaranya jagoan seni semua Gengs..

 

3. Pengisi Acara yang Keren-keren

 

Baru kembali ke Tanah Air setelah menjadi delegasi Indonesia untuk Australia, Kak Rizka Yuana Putri dari Komunitas Paseban  akan menyajikan komposisi syahdu, hasil penelitiannya selama setahun di persawahan Pasar Inis. Karya ini merupakan pengembangan karya tarinya saat gelaran Hari Tari Dunia di Pasar Inis, setahun silam. Yang membanggakan adalah Kak Rizka asli Kutoarjo lho gengs...
 

4 koreografer lain juga bakal memeriahkan Inis Market Festival 2019. Kak Ainun dari Jogja, Kak Mulyani dari Wonosobo yang akan perform spesial membawakan "Bundengan",  Kak Siska dari Padang dengan celana galembong khasnya akan terlibat juga, dan Kak Danu dari Klaten yang akan perform tari sekaligus membawakan fashion show nyentrik bersama temen-temen Paseban.
 

Belum cukup, ada fashion show dahsyat di sawah dari SMA N 3 Purworejo, Tari Nusantara dari SMA N 9 Purworejo, dan Tari Desa dari STIE Rajawali Kutoarjo.
 

Semua penyaji itu akan diiringi musik asik Gamelanon Kak Anon Suneko, seniman & Dosen di Institut Seni Indonesia Yogyakarta & dentingan piano Musikono Kak Bagus Masazupa.
Pertunjukan di sawah Pasar Inis akan ditutup dengan sesuatu yang tidak biasa, geguritan Romansa Mengangkasa oleh Pak Agung Wibowo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo.

 

Dan masih banyak lagi Gengs, pengisi acaranya. Kalian semua juga bakalan diajak seru-seruan senam Dolalak bersama di Pasar Inis lho....Penasaran yukk gas tanggal 22 Desember 2109 ke Pasar Inis.

Pasar Inis, dari Desa untuk Indonesia.